Pilih Laman
8 Buku Yang Menginspirasi Guru

8 Buku Yang Menginspirasi Guru

Menjadi guru bukan lantas berhenti belajar. Guru bisa belajar dari pelatihan, diskusi, atau buku. Dari membaca buku, guru bisa mengambil ilmu, kemudian menerapkannya di kelas.

Saat ini banyak tersedia tema-tema pendidikan baik itu fiksi maupun non-fiksi yang baik untuk menambah motivasi guru dalam mengajar. Berikut ini beberapa buku tersebut.

1. Buku 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences

Buku ini sangat cocok untuk guru yang mencari referensi berbagai strategi mengajar guru di kelas. Banyak strategi pembelajaran di sana. Membaca buku ini menjadikan guru enjoy dan kreatif mengajar.

Satu kutipan yang sangat mak-jleb mendasari mengapa pentingnya kita mengajar dengan berbagai cara.

“Guru pasti menerangkan di depan kelas, belum tentu siswa mendengarkan”. 

 

“Berhenti mengajar jika cara mengajar kita tidak sesuai dengan otak anak”

Buku ini lebih tepat untuk guru yang mengajar di kelas bawah seperti TK dan SD serta kelas menengah SMP. Saya pernah mengikuti pelatihan dari penulisnya, dan sungguh menyenangkan kondisi pelatihannya.

2. Menjadi Guru untuk Muridku



Penulisnya adalah ST Kartono. Buku ini terbit pertama kali pada 2015. Berisi tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi di dunia pendidikan. Memaknai kembali alasan kita menjadi guru.

“Kadang guru menjadi guru untuk kepala dinas, untuk pejabat, atau pemerintah. Bukan guru untuk murid”

Potret guru yang lebih tergopoh-gopoh mendatangi panggilan dari dinas pendidikan atau pejabat tertentu daripada kewajiban mengajar.

Sangat efektif mengatrol motivasi guru dalam mengajar. Temanya ringan. Namun mak-jleb juga.

3. Quantum Learning



Buku ini mengupas cara-cara menjadi pembelajar yang kreatif dan efektif supaya hasilnya juga maksimal. Dengan cara yang berbeda dari cara belajar yang monoton, menjadikan buku ini berefek dahsyat jika diterapkan.

Penulisnya telah lama berkecimpung di dunia pendidikan. Jadi mengerti benar memberikan solusi dari permasalahan pendidikan. Yah, di kalangan pegiat pendidikan yang acap kali mencari referensi tentang pendidikan, Bobbi dePotter bisa dikatakan Mbah-nya.

4. Guru Sepanjang Waktu



Buku ini ditulis oleh ‘guru’ saya. Saya pakai tanda kutip untuk menegaskan bahwa meskipun saya tidak langsung mendapatkan ilmu dari beliau, sebetulnya saya sudah lama menjadi murid beliau. Lewat buku-buku beliau Zero to Hero, Way to Win, the Power of Mother dan Quantum Tarbiyah. Itulah beberapa buku yang saya baca. Semuanya saya miliki kecuali Zero to Hero yang saya pinjam.

Buku ini mengulas pentingnya ilmu, menghormati guru, dan menjadi guru yang rendah hati; meskipun sudah bisa menjadi guru dan menginspirasi tetap tidak boleh menggurui.

Membacanya asyik. Khas beliaulah tulisannya. Pembaca setia beliau tentu tahu dengan kekhasannya.

Yuk miliki bukunya. 4 pilihan tepat. Ehm… Hehe…

5. Guru tanpa Murid



Judulnya bikin penasaran. Emang bisa, emang ada guru tanpa murid? Akhirnya kesampaian punya buku ini. Setelah menunggu lama, akhirnya buku ini sampai di tangan saya juga.
Bukunya ringan, tapi ilmunya berisi. Guru tanpa murid. Banyak orang yang sebetulnya menjadi guru. Buku ini merupakan paradigma kita tentang pendidikan. Bahwa pendidikan tidak melulu di sekolah.

Bahwa yang tidak kalah penting menjamin pendidikan anak kita adalah mengembalikan hak mereka. Apa hak mereka? Main. Yah, bermain. Penasaran? Yuk miliki buku ini.

6. Bisa dan Mampu Menjadi Guru yang Dirindu



Penulisnya adalah Bu Een Rochaeni.  Pegiat literasi, berdomisili di Lebak, Banten. Beliau guru di SMPN 4 Rangkasbitung. Berbagai tulisan beliau tersebar di koran, majalah, jurnal, dan lainnya. Beliau pernah mendapat beasiswa, pertukaran guru ke luar negeri. Kalau tidak salah di Selandia Baru.

Membaca buku ini kita disadarkan bahwa menjadi guru bukanlah pekerjaan mudah. Besar tanggung jawabnya. Hal yang menjadi kebutuhan dan kepentingan siswa pun kadang harus dilakukan oleh guru. Guru non-stop, dengan pekerjaan yang kadang dibawa ke rumah. Baca juga  pentingnya optimistme guru dalam mengajar.

Gaya penulisan yang ringan lewat penceritaan, membuat kita menghabiskan buku ini tanpa terasa.

7. Kekuatan Cinta Sang Guru


Banyak guru yang awalnya tidak sengaja jadi guru. Namun kemudian betah jadi guru. Buku ini berisi pengalaman para guru pada perjalanannya menjadi guru. Ada kisah penyelamatan seorang anak yang saat itu terpaksa berhenti sekolah karena harus bekerja, guru yang harus bertemu dengan anak yang pintar berbohong, atau guru yang ‘gagal’ mendidik anak hingga menyalahkan diri sendiri. 30 kisah guru terangkum dalam buku kekuatan cinta sang guru yang ditulis oleh para guru Kanisius

8. Sekolah Cinta



Cocok sekali untuk guru atau orangtua dan pemimpin yang menginginkan sekolahnya menjadi sekolah yang penuh cinta, diisi oleh guru yang mendidik dengan cinta dan peserta didik yang mencinta ilmu serta antusias dalam belajar.

Di tengah kondisi sekolah yang sering bermasalah, baik dengan kasus kekerasan fisik siswa dengan guru atau sebaliknya, buku ini menjadi pengingat bagi kita untuk berupaya mewujudkan sekolah yang lebih bahagia.

“Murid hebat karena gurunya hebat, guru hebat karena pemimpinnya hebat”.


Untuk mewujudkan sekolah cinta, kita bisa gunakan semangat surat Al Alaq, Al Mursalat, dan Ar Ra’du ayat 11. Penasaran? Ayo miliki bukunya.

 

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Berita Kegiatan Sekolah

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Berita Kegiatan Sekolah

Menulis berita bagi sekolah merupakan hal yang penting. Tujuannya agar lebih banyak lagi yang tahu kegiatan sekolah maupun hal-hal positif tentang sekolah.

Jadi jangan ragu untuk memberitakan kegiatan sekolah. Salah satu cara memberikan dia sekolah adalah dengan membuat rilis kegiatan lalu dikirimkan ke media online.

Untuk membuat rilis kegiatan ada beberapa hal yang perlu diketahui.

1. Judul Berita

Perhatikan bahwa judul berita sebaiknya tidak lebih dari 10 kata. Jangan terlalu kepanjangan.

Contoh judul:

Tingkatkan Skill Humas, JSIT Indonesia Gelar Pelatihan Kehumasan

2. Titi Massa

Format titi mangsa nama daerah kemudian diikuti tanggal dan bulan berita itu dibuat.

Contohnya:

Jakarta (30/3)

3. Lead Berita

Lihat berita berstruktur SPOK atau subjek, predikat, objek dan keterangan.

Contoh:

Banten (25/3) – Untuk meningkatkan skill kehumasan, Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia mengadakan pelatihan kehumasan. Kegiatan ini diadakan pada Jumat, 25 Maret 2022 di Days Hotel, Tangerang, Banten.

4. Pernyataan tidak langsung dan pernyataan langsung

Pernyataan tidak langsung didahulukan daripada pernyataan tidak langsung.

Dalam berita online minimal ada 1 pernyataan langsung. Maksimal ada dua pernyataan langsung. Kalau lebih dari dua pernyataan langsung bisa dibikin berita lainnya.

Contoh pernyataan tidak langsung:

Dalam sambutannya, kepala Pusdiklat JSIT Indonesia, Maya Yunus mengatakan humas harus meningkatkan skill dalam mengabarkan keunggulan sekolah Islam Terpadu.

Contoh pernyataan langsung:

“Tugas humas sederhana tapi sangat penting yaitu harus bisa memberikan informasi, mencerahkan, dan inspiratif,” tegasnya.

Kita bisa menggantinya dengan katanya, ungkapnya, ujarnya, dan lainnya.

5. Kalimat Keterangan

Kelima, setelah pernyataan langsung bisa ditambahkan keterangan lainnya. Keterangan ini letaknya di bagian bawah berita.

Yang Harus Diperhatikan Dalam Mendidik Anak

Yang Harus Diperhatikan Dalam Mendidik Anak

Anak merupakan kebahagiaan bagi orang tua. Toh niat menikah adalah mendapatkan keturunan. Siapa sih yang nggak senang denga kehadiran sang anak? Tapi kadang terlalu bahagia membuat kita salah dalam mendidik anak.

Saat ini ekonomi terbilang semakin mapan dibanding dulu. Kalau dulu orang susah mencari makan. Orang-orang makan seadanya. Kalau ada beras, bisa makan nasi. Kalau tidak ada beras, orang makan tiwul dari olahan singkong. Zaman sekarang sudah sangat sulit menemukan orang makan tiwul. Susah pula menemukan orang yang terpaksa makan nasi aking. Kalau ada, hanya ada beberapa kasus.

Tapi sekarang orang makan mewah-mewah. Makan bukan sekadar untuk kenyang tetapi sudah tentang gengsi.

Kemajuan teknologi pun begitu. Zaman sekarang orang sudah pantas smartphone. Bahkan satu orang bisa punya dua hingga tiga atau bahkan lebih.

Merasa mapan, orang tua dengan mudah memberikan fasilitas smartphone untuk anaknya. Biar anak main di rumah aja. Biar anak ada hiburan. Biar anak tidak ketinggalan zaman.

Orang tua tidak melihat usia sang anak. Akibatnya fatal. Karena kecanduan main game di Smartphone, anak lupa waktu, tak Kecanduan. Tak bisa lepas barang sebentar saja. Pagi, siang, malam. Bahkan mereka sering begadang. Tidur hingga larut malam. Akibatnya, besoknya telat bangun. Susah salat Subuh. Atau bahkan tinggal salat Subuh.

Mereka juga tak kenal tempat. Di rumah main hape, di jalan maen maen, di rumah orang main hape, saat silaturahim pun main hape.

Karena lekat dengan smartphone, mereka jadi susah diomongin. Susah disuruh oleh orang tua. Kalau disuruh sampai beberapa kali. Ini pula yang saya dapati saat kemarin. Ada anak yang begitu susah disuruh. Untuk mandi saja sampai 6 hingga 8 kali nyuruh. Orang tua sampai emosi dibuatnya.

Apa boleh buat. Ini tindakan salah orang tua juga.

Jadi saat ini orang tua menuai dari kesalahan mendidiknya. Tapi masih ada waktu. Walaupun anak sudah kecanduan yang penting ketegasan orang tua. Jangan kalah atau lemah dengan anak. Kalau tidak mau kondisinya bertambah parah.

Gunakan Aplikasi Unggulan, Pejuang Cuan Banjir Orderan

Gunakan Aplikasi Unggulan, Pejuang Cuan Banjir Orderan

Gunakan Aplikasi Unggulan, Pejuang Cuan Banjir Orderan

Sudah lama menjalankan usaha tapi merasa uang entah ke mana-mana? Tenang. Kamu nggak sendiri. Hehe…

Lalu bagaimana memperbaiki manajemen keuangan agar kondisi keuangan dan aset usaha dibuat rapi? Apa korelasinya dengan penentuan kebijakan usaha. 

Hal yang segera terpikirkan setelah berumah tangga adalah berusaha mandiri secara ekonomi. Maka aku dan istri mulai menyusun rencana untuk mendapatkan penghasilan. Prinsipku adalah:

“Tetap bekerja, meskipun bukan pekerjaan tetap. Asal halal dan berkah.”

Aku seorang guru honor di sebuah sekolah swasta. Untuk menambah penghasilan aku dan istri membuka gerai. Menjual pakaian dewasa dan anak-anak. Lokasi kami pilih di rumah saja. Jadi tidak mengeluarkan biaya sewa toko.  

Namanya usaha pasti ada naik dan turun. Biasanya ramai ketika bulan Ramadhan atau Lebaran. Memang saat itu banyak pengunjungnya. Bisa 10 – 20 pengunjung. Momen itulah kami ‘panen’. Setelah lebaran? Gerai pun sepi.

Untuk menyiasati ini kami menambah produk. Kami menjual produk kesehatan seperti madu, wedang uwuh, susu kambing, dan lainnya.

Setelah itu ada peningkatan pemasukan. Pengunjung ke gerai bukan hanya saat mencari pakaian saja.

 

Gerai Fasih, Penopang Ekonomi Keluarga (dokpri)

Bulan September 2020 kami mencoba bisnis baru.

“Mas, ini ada peluang usaha, nih. Temen ngajak gabung di bisnis ini.

“Bisnis apa, Dek?” Tanya saya ke istri.

“Produk kesehatan, Mas. Coba lihat dulu,”

Istri ditawari temannya.  Setelah mempelajari singkat tentang bisnis itu, saya bertemu dan ngobrol langsung dengannya.

“British Propolis (BP) merupakan propolis premium. Punya kualitas propolis terbaik yang sudah teruji. Alasan BP menjadi propolis terbaik bahkan disebut sebagai propolis premium adalah karena propolis ini diambil dari lebah madu yang hidup di 4 musim (Musim Semi, Panas, Gugur, dan Dingin),”

“Terus, para ahli mengatakan bahwa propolis yang baik dihasilkan dari lebah terbaik pula, di mana lebah terbaik adalah lebah yang mampu hidup dalam 4 musim ekstrem tersebut.”

Mengenai manfaatnya, produk dari sekitar 6000 lebah yang bekerja selama 1 tahun untuk menghasilkan 1 botol berisi 6 ml British Propolis ini sangat banyak untuk menyembuhkan dan menjaga kesehatan.

“Prinsipnya memperbaiki sel-sel tubuh sehingga banyak penyakit pun bisa disembuhkan, Pak. British Propolis juga sudah tersertifikasi BPOM RI dan Halal MUI sehingga halal dan aman dikonsumsi. Jadi jangan ragu ya Pak,”

Jadi teman, apapun pekerjaan kita, kalau bisa punya usaha sampingan. Bahkan usahakan punya usaha sendiri. Banyak lho keuntungan kalau punya usaha sendiri. Salah satunya adalah karena kita sendiri jadi pimpinan atau pemilik usaha maka kebijakan usaha itu kita sendiri yang mengaturnya. Selain itu, dengan menjadi pemilik usahanya, kita bisa menentukan besaran keuntungan atau gaji sendiri.

Itulah yang saya rasakan sejak 8 tahunan membuka usaha sendiri. Oh iya, kenalkan, aku Padil. Saat ini bersama istri sedang menjalankan beberapa usaha untuk menopang keuangan keluarga.

Mau usaha? Pertimbangannya mudah saja. Asal legal dan halal langsung jual. Kehalalan menjadi prioritas juga. Buat apa jualan barang yang untung banyak tapi tidak halal. Itu tidak berkah namanya. Jangan lupa LEGAL juga. Supaya jualan kita tidak melanggar hukum yang berlaku di Indonesia. Nah, bisnis British Propolis (BP) yang saya jalankan ini sudah memenuhi kriteria legal dan halal itu.

British Propolis (BP) juga bersertifikat BPOM dan FDA standar internasional serta juga halal Majelis
Ulama Indonesia (MUI).

Kelebihan di bisnis British Propolis yaitu dibina langsung motivator 5 benua (Mas Ippho Santosa), di-endorse para artis, ada bimbingan para ulama, dan repeat order-nya tinggi karena ini merupakan produk kesehatan yang setiap orang membutuhkannya.

Bergabung di usaha ini mendapat pendampingan dari para mentor. Jadi kita tidak dibiarkan sendiri, tetapi ada mentoringnya.

Membuka usaha sendiri bisa juga mengurangi masalah pengangguran yang menjadi salah satu masalah bagi negara kita. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa pada Agustus 2021 terdapat 9,10 juta orang pengangguran di Indonesia atau sekitar 6,49 persen. Apakah karena jumlah penduduk yang besar ini menjadi penyebab banyaknya pengangguran?

Jumlah penduduk yang besar sebetulnya merupakan sebuah peluang. Pasti mereka juga memiliki kebutuhan dan konsumsi yang juga besar. Inilah yang seharusnya kita manfaatkan.

Kendala yang dihadapi biasanya anggapan membuka usaha harus besar. Padahal, jenis usaha itu tidak harus besar. Dagang tidak harus partai besar tetapi bisa menengah atau kecil. Banyak usaha seperti kuliner, fashion, atau jasa yang bisa dirintis.

Apalagi saat ini dunia digital semakin maju. Banyak hal bisa dilakukan secara online termasuk bisnis. Bisnis online semakin mudah dilakukan karena biayanya lebih terjangkau. Bisnis online pun lebih fleksibel waktunya. Tertarik membuka usaha? Nah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuka usaha.

1. Menentukan Ide

Biasanya orang akan tertarik pada hal yang baru. Jika akan membuka usaha, pilihlah jenis usaha yang baru. Namun, untuk itu kita harus benar-benar jeli melihat peluang apa yang sangat potensial. Jika ide itu bukan hal baru minimal usaha harus punya pembeda dari usaha   yang sudah ada.

Biasanya orang akan tertarik pada hal yang baru. Jika akan membuka usaha, pilihlah jenis usaha yang baru. Namun, untuk itu kita harus benar-benar jeli melihat peluang apa yang sangat potensial. Jika ide itu bukan hal baru minimal usaha harus punya pembeda dari usaha   yang sudah ada.

2. Miliki Pembeda

Ada sebuah ungkapan ‘Sedikit beda itu lebih baik daripada sedikit lebih baik”. Jenis usaha bisa sama. Namun, kita harus punya pembeda. Misalnya sama-sama menjual nasi goreng. Agar beda dengan nasi goreng yang sudah ada mungkin bisa menambah dengan acar, ati ampela, pete, dan lainnya. Misalnya kita membuka barbershop, kita bisa berikan gratis pijatan kepada pelanggan yang datang. Sementara, mungkin di barbershop lain tidak ada. Nah, sedikit pembeda itu bisa menjadi pertimbangan orang memilih usaha kita.

 

3. Memilih Target

Tentukan target pasar dari usaha kita. Apakah membidik semua usia, kalangan ekonomi tertentu, atau masyarakat tertentu. Hal ini bakal berpengaruh pada jenis usaha kita. Misalnya kita ingin membidik anak-anak di sekitar lingkungan kita.

Maka pilihlah usaha yang tepat untuk mereka. Misalnya menjual mainan anak-anak atau bimbingan belajar. Atau target kita adalah ibu-ibu maka usaha yang cocok mungkin kebutuhan rumah tangga, alat-alat kecantikan, alat-alat olahraga, dan lainnya.

4. Miliki Sumber Penghasilan Lain

Memang kita pastinya ingin langsung sukses dan berhasil dalam usaha kita. Namun, sahabat wirausaha pasti maklum juga kalau namanya usaha bisa tidak langsung berhasil. Namanya bisnis pasti ada untung rugi. Nah, kita harus mempersiapkan untuk itu.

Makanya kita harus miliki sumber pendapatan yang lain. Ibaratnya sebagai back up jika usaha kita mengalami kendala. M Sumber pendapatan sampingan ini juga bisa membantu untuk menambah modal untuk usaha Anda.

5. Gunakan Platform Digital

Dengan menggunakan platform digital, semua orang bisa membuka usaha. Misalnya membuka usaha jual sembako, pakaian anak, makanan beku (frozen food), minuman kemasan, perabot rumah, dan lainnya jangan lupa gunakan platform digital.

Sebab saat ini dunia serba digital. Pengguna internet di Indonesia pun semakin meningkat. Menurut KataData ada 204,7 juta pengguna internet di awal tahun 2022. Jumlah yang sangat besar kan? Lihat saja di sekeliling kita. Pasti banyak yang hobi berbelanja online bukan? Nah, ini jadi pasar yang sangat potensial.

 

Pejuang Cuan

Harus Jago Atur Keuangan

Mengelola keuangan usaha itu gampang-gampang susah. Yang paling susah dalam mengelola keuangan itu kalau UANGNYA TIDAK ADA. Hehe.. Becanda. Ada dua hal yang harus diperhatikan dalam mengelola keuangan usaha. Ini harus dilakukan agar keuangan usaha kita sehat.

1. Pisahkan Uang Pribadi dengan Uang Usaha

Nah, ini yang sering terjadi pada pelaku usaha. Ini pula yang bertahun-tahun saya lakukan sehingga akibatnya keuangan usaha tidak jelas. Jadi uang pribadi dan usaha itu bercampur. Akhirnya tidak jelas mana uang pribadi mana uang usaha. Kadang keuntungan terpakai untuk urusan keluarga.

“Ayah, mau belikan pedal sepeda,” kata anak saya.
“Memangnya kenapa pedal sepedanya?”
“Ini rusak. Tadi jatuh terus pecah.”
Di dompet saat itu hanya uang buat stok barang. Karena tidak ada uang lain akhirnya saya pakai uang itu. Dalam hati sih aku sudah berjanji mengganti. Eh malah lupa.

 

Akibatnya apa?
Jadi susah merinci neraca keuangan. Untung atau rugi hanya sekadar catatan tanpa ada bentuk (uangnya). Perasaan untung deh. Perasaan penjualan naik. Wah, kalau dibiarkan berlama-lama bisa kacau juga kan?

2. Tidak Rapi Mengelola Keuangan

Sering banget pencatatan keuangan kacau. Tidak jelas mana pemasukan dan pengeluaran serta stok barang. Belum lagi pencatatan aset, kas, pemesanan, dan lainnya.

Pengelolaan keuangan ini bukan hanya agar rapi dalam catatan saja tetapi untuk mengetahui perkembangan usaha kita. Nah, kabar baiknya ad acara paling mudah untuk mengelola keuangan ini. Ya, kita bisa menggunakan  software akuntansi dari Kledo yang pasti mempermudah pengelolaan keuangan usaha kita.

Sekarang apapun usaha kita bakal lebih sukses dengan pengelolaan keuangan menggunakan Kledo. Kledo adalah software akuntansi akuntansi yang mencatat dengan baik invoicing, purchasing, inventori, biaya dan laporan keuangan & bisnis dalam satu aplikasi. Penggunaan Kledo semakin mudah karena bisa login dari mana saja, baik PC, tablet maupun handphone dan lihat laporan keuangan bisnismu secara realtime.

Keunggulan Software Akuntansi Kledo

1. Mudah Digunakan

Aplikasi Kledo mudah diinstal dan digunakan. Akses aplikasi Kledo sangat mudah bisa dari mana saja baik PC, tablet, maupun handphone. Lewat aplikasi keuangan modern ini kita bisa melihat laporan keuangan usaha yang mudah dipahami.

2. Biaya Flat, Semakin Hemat

Tersedia pilihan fitur Free, Pro, dan Elit. Pilihan Pro dan Elit ini berberbiaya flat. Bahkan ada kesempatan uji coba gratis selama 14 hari untuk fitur Pro dan Elit. Dengan pilihan minimal berlangganan 3 bulan kita bisa menggunakan fitur Pro dan Elit.

3. Real Time

Aplikasi Kledo menampilkan kondisi keuangan usaha atau bisnis secara realtime atau kondisi sebenarnya pada saat itu juga. Data yang dilaporkan adalah data teraktual atau terbaru.

4. Pelayanan Ramah

Tim Hebat Kledo siap membantu kita menemukan solusi terbaik untuk manajemen keuangan usaha kita. Layanan ini bisa lewat whatsapp maupun email.

5. Mudah Dipahami

Tampilan responsive aplikasinya membuat kita mudah memahaminya. Disertai infografis dan gambar setiap fitur yang berbeda semakin membuat kita cepat paham fitur yang digunakan.

6. Support 24 Jam

Kledo punya layanan support 24 jam yang sangat membantu kita menjalankan usaha. Untuk layanan ini tidak dikenai biaya tambahan. Jadi 100% gratis, kapanpun dan dimanapun.

Fitur-Fitur Software Akuntansi Kledo

Nah, sekarang yuk kita bahas apa saja fitur pada aplikasi Kledo. Aplikasi Kledo punya fitur-fitur hebat berikut yang bakal membuat Pejuang Cuan kebanjiran orderan.

1. Invoice

Aplikasi Kledo membuat kita bisa membuat invoice dengan lebih cepat, praktis dan otomatis! Invoice pun semakin elegan dan profesional. Cukup masukkan data dan Kledo akan membuatkan faktur dan invoice untuk pelanggan.

Bahkan kita juga bisa membuat penawaran penjualan untuk pelanggan. Setelahnya, status penawaran bisa dipantau dan dilacak dari Kledo. Tak perlu lagi input ulang untuk membuat invoice, cukup satu klik dari halaman penawaran, maka invoice langsung jadi. Melalui aplikasi Kledo, kita bisa mengimpor data invoice dan penawaran dalam jumlah besar. Jadi tidak perlu lagi khawatir memasukkan ratusan data dalam waktu singkat. Cukup upload file Excel, Kledo akan mengolahnya menjadi invoice.

2. Purchasing

Buat purchase order (proses pemesanan barang atau jasa) dengan cepat. Semua faktur pembelian ini bisa dibuat dengan sekali klik saja. Dengan melampirkan foto atau scan dokumen kita bisa dapatkan informasi dan statistik pembelian. Dengan fitur ini kita bisa melacak semua purchase order dan pembelian hingga ke semua detailnya, berapa harga yang disepakati dan semua dokumen pendukungnya. Keuntungan lainnya, kita bisa menghemat kertas. Arsip dokumentasi pun bisa lebih terjaga karena berbasis cloud itu.

Bahkan kita juga bisa membuat penawaran penjualan untuk pelanggan. Setelahnya, status penawaran bisa dipantau dan dilacak dari Kledo. Tak perlu lagi input ulang untuk membuat invoice, cukup satu klik dari halaman penawaran, maka invoice langsung jadi. Melalui aplikasi Kledo, kita bisa mengimpor data invoice dan penawaran dalam jumlah besar. Jadi tidak perlu lagi khawatir memasukkan ratusan data dalam waktu singkat. Cukup upload file Excel, Kledo akan mengolahnya menjadi invoice.

3. Biaya

Atur lacak biaya bisnis dengan mudah melalui fitur ini. Sekarang tak perlu lagi menumpuk kuitansi pengeluaran, catat semuanya dengan mudah di Kledo. Pembukuan bisnismu akan otomatis terupdate.

Kledo membantumu melacak semua pos pengeluaran dari alat kantor hingga gaji karyawan. Analisa dan monitor pengeluaran bulanan, rencanakan dan buat keputusan yang cepat. Kita pun bisa semakin menghemat kertas karena setiap transaksi disimpan dalam bentuk digital di aplikasi Kledo.

4. Laporan

Dengan fitur ini kita bisa mendapatkan laporang keuangan dan bisnis dengan akurat. Sehingga kita bisa membuat keputusan dengan tepat pula. Laporan bisa ditampilkan dalam bentuk grafik tentang pengeluaran usaha, produk paling laris, laba rugi, dan saldo.

Dan laporan ini bisa kita dapatkan dari manapun. Misalnya sedang jalan-jalan ataupun sedang perjalanan bisnis, kita bisa memantau kesehatan bisnis dari handphone, tablet ataupun laptop. Laporan apa saja Klik Di Sini

5. Aset Tetap

Fitur ini membuat kita bisa mengatur aset tanpa ribet. Aplikasi Kledo mempermudah melacak aset tetap, mendepresiasi aset secara otomatis dan mendapatkan laporan aset seperti bangunan, mobil, mesin, dan alat kantor. Ini bisa dilakukan dengan dengan sekali klik saja. bahkan  saat melakukan purchasing, aset tetap yang dibeli otomatis akan masuk ke
dalam daftar aset tetap. Tak perlu lagi input dua kali.

6. Inventory

Fitur inventory Kledo membantu kita memantau stok dari banyak gudang secara realtime, buat stok opname, buat surat jalan dan integrasi langsung dengan penjualan dan pembelian.

Kita juga bsa memantau produk terlaris, berapa banyak profit yang dihasilkan, dan laporan stok produk yang kosong secara realtime. Apa manfaat laporan ini? Laporan ini bisa dijadikan dasar sebagai keputusan yang tepat saat reorder produk dan menentukan pricing produk. Untuk memasukkannya data produk dan stok opname satu persatu tetapi cukup ketik di excel langsung upload ke aplikasi. Maka semua data akan masuk ke sistem Kledo.

Nah, sedemikian banyaknya fitur keren software akuntansi online ini? Pejuang Cuan harus pakai dong untuk mengelola keuangan usahanya biar semakin sukses. Tak hanya itu, ada beberapa fitur tambahan lainnya yang membuat kita semakin mudah menjalankan usaha seperti Stok opname, rekonsiliasi bank, unlimited user, pembatasan akses user, Secure SSL encryption, Auto update, Auto backup, 24/7 Support, Unlimited invoices, Unlimited contacts, Unlimited products, dan Ulimited file attachments. Jelas sekali fitur ini sangat dibutuhkan dalam menjalankan usaha. Banyak hal yang menjadi semakin mudah dilakukan dengan software akuntansi Kledo.

Cara Mendaftar Software Kledo

Untuk mendaftar software kledo ini sangatlah mudah. Kita bisa menggunakannya lewat website atau smartphone. Nah, aku sudah mendaftar software akuntansi Kledo ini di laptopku. Mudah kok.

1. Akses ke https://kledo.com/ sebagai laman resmi sofware Kledo. Tampilan lamannya seperti berikut ini.

Lalu aku pilih Paket Elite-Coba gratis. Klik ‘Coba Gratis’ di bagian pojok kanan atas. Masukkan Nama Lengkap, Nama Perusahaan, Nomor HP, dan Alamat Email. Setelah itu klik Daftar Sekarang di bagian kanan bawah.

Setelah itu ada notifikasi user dan password yang dikirimkan ke nomor HP dan email. Silakan login. Nah, sekarang udah bisa menggunakan aplikasi Kledo. Mudah kan?

Awal menggunakan Kledo, saya belajar sendiri, karena penggunaan Kledo sangat mudah dipahami. Baru ketika ada kesulitan saya berkonsultasi. Tim Kledo siap membantu mendampingi mengatasi kendala, konsultasi biasanya melalui zoom, telpon dan chat. Selama menggunakan Kledo jadi merasa punya tim IT sendiri.

Testimonial PT MOTORINDO SUKSES SEJAHTERA
Widya Nency PT MOTORINDO SUKSES SEJAHTERA, Tangerang

Pertama kali menggunakan Kledo saya sama sekali blank tentang akuntansi. Tapi berkat pendampingan konsultasi dari tim Kledo melalui zoom, telpon dan wa, saya merasa sangat terbantu! Responnya pun sangat cepat.

 

Testimonial Kledo - PT Lintas Solusi
Zulkifli CV Lintas Solusi, Riau

Sukses Jualan dan Raih Cuan dengan Kledo

Kledo merupakan software berbasis cloud yang memungkinkan Anda untuk memantau performa bisnis Anda darimana saja dan kapan saja. Juga, Kledo bisa digunakan untuk beragam jenis bisnis.

Banyak hal yang bisa membuat kita sukses dalam menjalankan bisnis. Tidak hanya modal saja tetapi faktor-faktor lain juga sangat menentukan.

Misalnya keuletan. Ya, banyak pengusaha sukses yang ulet dalam menjalankan bisnisnya. Gagal, bangkit lagi. Gagal lagi, bangkit lagi. Seperti sebuah ungkapan “Tidak penting berapa kali engkau jatuh, tetapi yang penting adalah setiap kali jatuh kau selalu bangkit lagi.” Sebab bisnis sering kali tidak mulus.

Mengelola keuangan dengan lebih baik sangat menunjang kelancaran bisnis. Seorang ahli keuangan berkata,

“Amati dan cermati keuangan kita. Caranya, buatlah pencatatan. Ini yang sering orang sepelekan tapi menjadi masalah yang nggak sepele.” Himawan Adhi (Financial Planner)

Selain itu, kita juga perlu menggunakan teknologi dan mengenal digitalisasi. Sebab menurut Salesforce, 62% dari 2500 pemilik dan pelaku UMKM yang disurvei mengatakan bisnis mereka tidak akan bertahan jika mereka masih menggunakan teknologi kuno dari satu dekade lalu.  Nah, menggunakan aplikasi akuntansi Kledo merupakan pilihan tepat menjalankan bisnis agar semakin rapi, teratur, dan sukses. Banyak hal yang bisa dikerjakan dengan aplikasi yang mudah dijalankan ini. Software akuntansi online Kledo mengelola keuangan dengan lebih baik invoicing, purchasing, inventory dan menganalisa performa bisnis kita. Jadi, pejuang cuan, yuk segera gunakan software akuntansi Kledo untuk sukseskan bisnis kita. (***)

4 Cara Membuat Tulisan Tanpa Mengetik

4 Cara Membuat Tulisan Tanpa Mengetik

Halo, apa kabar Sahabat? Mudah-mudahan sehat ya. Kali ini aku akan mengulas tentang tema menulis. Ada banyak orang yang ingin menulis tapi sering menemui kendala. Salah satunya adalah tiba-tiba mengalami kebuntuan ide saat menulis di depan laptop. Tenang saja, kita bisa kok membuat tulisan tanpa mengetik. Caranya?

Kita bisa lho menulis tanpa laptop. Bahkan bisa menulis tanpa mengetik. Emangnya bisa ya? Jawabnya bisa banget. Kita bisa menulis tanpa mengetik dengan menggunakan beberapa aplikasi.

1). Menggunakan fitur voice note di WhatsApp

Saya rasa banyak yang sudah menggunakan fitur ini. Dengan menekan tanda mic di WhatsApp, suara kita akan diubah menjadi teks oleh WhatsApp.

2). Menggunakan fitur note atau catatan di Smartphone

Nah fitur ini yang paling saya rekomendasikan, karena biasanya bawaan setiap smartphone. Selain itu, catatan kita tersimpan rapi jika dibandingkan dengan catatan di WhatsApp yang kadang tertimpa yang masuk.

3). Menggunakan Google docs

Bagi guru atau bahkan siapa saja yang sering menggunakan Google form, Google classroom,  ada saudaranya yaitu Google doc, di salah satu fiturnya bisa mengubah suara menjadi tulisan.

Dengan menggunakan Google docs ini kita bisa mengubah suara menjadi tulisan yang langsung tersimpan di Microsoft word.

Saya rasa dengan menggunakan berbagai aplikasi di atas dapat mengurangi dan mengatasi kesulitan kita yang tiba-tiba mentok atau buntu ketika di depan laptop.

4) Aplikasi lainnya yang tersedia di Google play

Ketik saja ‘writer’ maka akan muncul berbagai aplikasi yang mengubah suara menjadi tulisan.

Kalau saya, saya menggunakan fitur catatan di smartphone.  Sekarang sudah ada 230-an catatan.

Dengan ini pula saya menulis berbagai tulisan, bahkan tulisan untuk lomba.

Terima kasih sudah membaca postingan saya hingga akhir. Semoga tulisan ini bermanfaat. Dukung saya agar terus semangat membuat postingan-postingan yang bermanfaat. Pembaca juga boleh kok mengapresiasi lewat kolom komentar. Apresiasi merupakan energi. Energi untuk konsisten menulis blog.

Belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris, Pare

Belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris, Pare

Siswa SMA Terpadu Al-Qudwah melaksanakan kegiatan English Camp di Kampung Inggris Pare, Kediri, Jawa Timur. Kegiatan ini diikuti oleh 40 siswa kelas XI SMA Terpadu Al-Qudwah.

Kegiatan bertema Be Global Thinkers with English ini diadakan pada 11 Juni hingga 25 Juni 2022. 
Kepala SMA Terpadu Al-Qudwah Iwan Supriana M.Pd mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menambah kemampuan bahasa Inggris siswa. Di sana siswa belajar vocabulary, speaking, pronunciation dan grammar.
Bayu Kuntoro, salah seorang siswa mengungkapkan serunya belajar bahasa Inggris di sana.
“Banyak yang dipelajari. Seru banget banyak dapat ilmu dan pengalaman,” katanya. 
Progam Rutin dan Andalan
Belajar di kampung Inggris Pare memang banyak manfaatnya. SMA Terpadu Al-Qudwah melaksanakan kegiatan ini rutin diadakan. 
Ya, program ini diadakan sejak pendirian sekolah. Tepatnya 2012 lalu. Maka sudah 10 tahun inilah program belajar ke kampung Inggris Pare dilakukan. Hanya saja saat pandemi kegiatan ini sempat dihentikan. 
Belajar di kampung Inggris ini menjadi salah satu program andalan. Biasanya untuk kelas XI SMA Terpadu Al-Qudwah. Ada 4 guru yang mendampingi. 
Belajar Kebinekaan dan Kearifan Lokal 
Apa yang didapat dari belajar di kampung Inggris? Tentu saja ilmu dan kemampuan bahasa Inggris siswa meningkat. Dari yang hanya pemula menjadi mahir.
Tapi bukan hanya itu. Belajar di kampung Inggris Pare banyak manfaatnya. Bahkan bermanfaat untuk hidupnya. 
Sebab di jalan menuju ke tempat belajar itu pasti banyak hal yang memberikan pelajaran. Mulai dari tepat waktu berkumpul di sekolah, mengantre tiket di stasiun, membawa dan bertanggung jawab pada barang bawaan sendiri bahkan berinteraksi dengan teman. Ya, di jalan itulah mereka bisa saling mengenal. Bahkan karakter asli seseorang biasanya muncul saat dalam perjalanan. 
Selama di sana pula mereka belajar mengatur waktu, keuangan, dan aktivitas. Mungkin makanan dan minuman di sana murah-murah. Tapi mereka harus bisa membedakan antara jajan dengan kebutuhan. Mereka juga harus mengatur waktu mengingat jadwal yang cukup padat. Bukankah itu semua merupakan pelajaran yang tidak kalah penting dibandingkan belajar di dalam kelas? Benarlah kata Ki Hadjar Dewantara bahwa di manapun adalah tempat untuk belajar. “Setiap tempat adalah sekolah. Setiap orang adalah guru.”
Siswa juga belajar makna kebinekaan dan kearifan lokal budaya dengan mempelajari adat dan budaya masyarakat Kediri. Sebab selama di sana mereka berinteraksi pula dengan masyarakat. Ada banyak hal yang dilihat dan dipelajari. Selama di sana pula siswa menghormati kearifan lokal masyarakat setempat. 
Berwisata
Tidak melulu belajar materi bahasa Inggris, siswa juga punya waktu untuk berwisata. Setidaknya ada dua hari mereka mendapatkan kesempatan refreshing setelah berjibaku dengan belajar. Ada beberapa destinasi wisata yang mereka kunjungi. 
“Terutama tempat-tempat ikonik Kediri atau Jawa Timur,” kata Miss Irma, salah seorang pendamping. 
“Jadi mereka ada sesi tour ke Simpang Lima Gumul, ke alun-alun Batu Malang dan wisata Gunung Bromo.”